Social Icons

Pages

06 March 2011

Spell Checker Bahasa Indonesia untuk Office 2007

Salah ketik, atau type error, atau misspelling, adalah musuh laten bagi kita semua. Terutama saat kita harus menulis laporan resmi, entah itu untuk tugas akhir atau proyek penerjemahan. Komputer yang seharusnya dapat membantu kita untuk mengecek kesalahan ternyata malah sering menjadi bagian dari masalah itu sendiri. Sialnya lagi, tidak banyak orang Indonesia yang begitu peduli mengenai tata krama ejaan yang disempurnakan, apa lagi sampai memikirkan sebuah program spell-checker yang gratis.

Dulu, Elex Media Komputindo pernah menjual program pengecek ejaan kata untuk Microsoft Office. Tapi, entah bagaimana perkembangannya. Saat Open Office 2.0 muncul, ada yang mengembangkan daftar kata Bahasa Indonesia secara gratis. Namun, daftar kata itu tidak dapat lagi dipakai di Open Office 3.0 karena perubahan format.

Solusi konvensional, terutama bagi kita kebanyakan yang memakai Microsoft Office 2007 adalah membuat sendiri daftar kata bahasa Indonesia. Repot? Kini sudah ada yang membuat daftar kata bahasa Indonesia dalam format .DIC (format kamus Microsoft Office). Silahkan didownloaddi sini.

Permasalahannya, file tersebut sepertinya dirancang untuk Microsoft Office 2003. Cara instalasi dapat Anda baca di sini. Ketika mencoba ikuti cara instalasi yang tertulis dalam situs tersebut, Office 2007 komplain berkali-kali karena file tidak diformat dalam unicode (atau sesuatu seperti yang diinginkan).

Bagi pengguna Microsoft Office 2007, ada sedikit modifikasi dalam proses instalasi. Berikut yang dapat dilakukan.

  1. Unzip dan letakkan di tempat yang Anda suka.
  2. Buka Ms Word, klik Office Button (biasanya di pojok kiri atas).
  3. Pilih “Word Options” (biasanya di menu pojok kanan)
  4. Pilih “Proofing” dan klik “Custom Dictionaries”.
  5. Pilih “New…” lalu buat satu file kamus berformat .dic. Beri nama sesuka Anda (contoh : “Indonesia.DIC).
  6. Klik OK dan beri contreng pada file baru tersebut. Kamus “Default.DIC” dihilangkan saja contrengnya.
  7. Buka Explorer dan pergi ke folder “C:\Users\\AppData\Roaming\Microsoft\UProof”.
  8. Buka file .DIC yang Anda buat tadi dengan Notepad (jangan dengan yang lain).
  9. Buka file IndoWordList.dic dengan Notepad juga dan kopikan semua yang ada ke file .DIC Anda.
  10. Selesai.

Silakan diuji spell checker tersebut dengan mencoba-coba salah ketik. Tapi, jangan lupa mengaktifkan fasilitas spell-checker-nya. Kita dapat menambahkan kata-kata baru ke dalam .dic buatan kita tersebut. Penambahan kata-kata baru akan menjadi mudah jika kita memang sering mengetik dan memanfaatkan fasilitas spell checker.

Ada alternatif lain. Situs www.invir.com membuat program bernama Periksa Kata untuk keperluan serupa. Selamat mencoba


Sumber : diary.febdian.net